Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Kanker Payudara Penyebab Kematian Utama Wanita

Cara mencegah kanker payudara bisa di lakukan secara mandiri. Berikut ulasannya.

Kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang umumnya terjadi pada wanita. Penyakit ini termasuk penyebab utama kematian wanita. Di Indonesia, diperkirakan ada sekitar 350.000 wanita yang mengidap penyakit kanker payudara. Akan tetapi jangan terlalu takut, ada banyak cara untuk mencegahnya sebelum terlambat yang bisa dilakukan sendiri.

Kebiasaan menjalankan gaya hidup sehat, seperti mengkonsumsi lebih banyak buah-buahan segar, menjauhi minuman beralkohol, serta rutin olahraga dapat membantu mencegah kanker payudara.

Langkah awal kenali risiko kanker payudara

Perlu diketahua bahwa risiko-risiko menyangkut kanker payudara yang tidak dapat Kamu hindarai misalnya terlahir sebagai wanita, faktor genetik atau keturunan, dan mencapai usia tertentu. Selanjutnya mari kita bahas lebih lanjut.

Faktor usia

Pada kasus kanker payudara, makin tua usia wanita dianggap semakin beresiko terkena penyakit ini. Kebanyakan kasus payudara diderita oleh mereka yang berusia 50 tahun. Wanita berusia dibawah 12 tahun namun sudah mengalami haid dan wanita yang mengalami monopouse setelah usia 55 tahun juga berisiko terkena penyakit kanker payudara.

Faktor kehamilan

Ada keterikatan antara kehamilan dengan kanker payudara. Risiko lebih besar terkena penyakit ini pada wanita dewasa yang belum pernah hamil, hamil pertama kalinya pasa usia diatas 30 tahun, dan tidak menyusui.

Faktor lain

Selain faktor-faktor diatas yang telah dibahas, ada faktor lain yang menjadikan risiko kanker payudara meningkat. Faktor itu ialah sudah pernah mengalami kanker payudara sebelumnya, pernah mengalami kanker ovarium, memiliki jaringan payudara yang padat, serta pernah terkena paparan radiasi di daerah dada pada usia kanak-kanak dan remaja.

Pencegahan Kanker Payudara

Pencegahan kanker payudara amat mudah dilakukan sendiri dirumah. Berikut hal-hal yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah risiko kanker payudara antara lain:

Menjaga berat badan ideal

Berat badan erat kaitannya dengan risiko terkena kanker payudara. Wanita yang mempunyai kelebihan berat badan atau obesitas setelah masa menopause mempunyai risiko terkena kanker payudara 20 hingga 40 persen lebih tinggi dibanding dengan yang mempunyai berat badan normal.
Perubahan berat badan dan waktu terjadinya kenaikan berat badan tersebut diduga berhubungan dengan kondisi hormon estrogen dan insulin di dalam tubuh. Melihat risiko ini, menjaga berat badan tetap ideal merupakan salah satu cara mencegah kanker payudara yang dapat Kamu lakukan.

Konsumsi makanan sehat

Terapkan pola makan sehat dengan mengutamakan mengkonsumsi asupan sayur, buah, kacang-kacangan termasuk kacang kedelai, minyak sehat, dan antioksidan, mampu membantu mengurangi risiko itu. Wanita yang sudah terkena kanker payudara pun akan berkualitas hidupnya jika mengindari makanan yang mengandung lemak. Daging berlemak, krim, margarin, sosis, mentega, dan minyak adalah berbagai jenis makanan yang harus sebisa mungkin dihindari sebagai usaha pencegahan kanker payudara.

Olahraga rutin 

Olahraga fisik dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker payudara. Sebaliknya, risiko akan semakin meningkat pada wanita yang sudah bertahun-tahun tidak pernah mengolah fisiknya lagi. Adapun standar untuk melakukan olahraga intensitas sedang seperti bersepeda dan jalan cepat adalah selama 2 jam 30 menit perminggu. Jika dibagi 20-30 menit perhari.

Hentikan kebiasaan merokok

Jika Kamu pernah menjadi perokok masih memiliki risiko terkena penyakit kanker payudara 6 hingga 9 persen lebih tinggi daripada merek yang tidak pernah merokok sama sekali. Apalagi jika Kamu seorang perokok aktif risiko kanker payudara lebih tinggi yaitu 7 sampai 13 persen.

Tinggalkan Alkohol

Bagi Kamu yang rutin mengkonsumsi alkohol satu gelas tiap hari dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara sebesar 7 sampai 12 persen. Risiko lebih tinggi jika minum alkohol lebih dari satu gelas setap hari. Kenapa hal ini bisa terjadi? Karena ada kaitan antara tingkat alkohol perubahan jumlah hormon di dalam tubuh

Menyusui bayi secara teratur

Dengan menyusui bayi secara teratur diyakini dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara hingga 22 persen. Sejaun ini belum diketahui pasti menyusui dapat mencegah kanker payudara. Akan tetapi, diduga dapat membantu keseimbangan hormon, membantu mencegah paparan zat yang memicu kanker, dan dapat menghindari kerusakan pada sel payudara.

Hindari paparan radiasi

Hindari terkenan paparan radiasi tingkat tinggi. Ada beberapa hal yang bisa terkena radiasi misalnya menjalani pemeriksaan CT scan, bekerja di fasilitas kesehatan yang menggunakan radiasi dan terpapar asap kendaraan atau bahan-bahan kimia. Jadi, lindungi diri Kamu dari paparan tersebut dan hindari semaksimal mungkin ya.

Membatasi terapi hormon

Terapi ini biasa dilakukan oleh wanita terkait dengan pemeriksaan masa menopause. Terapi menggunakan hormone estrogen dan progesterone ini biasanya bersifat jangka panjang. Oleh karena itu, terapi tersebut dapat berisiko meningkatkan kanker payudara. Jika Kamu benar-benar membutuhkan terapi hormone, silahkan konsultasikan kepada dokter agar kadar hormon tersebut dapat dikurangi.

Selain pemeriksaan mandiri, Kamu juga dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan mammogram atau USG payudara untuk memeriksa kondisi kelenjar payudara dengan tujuan jika ada tanda-tanda kanker payudara, dapat segera tertangani.

Sumber Referensi Bacaan: alodokter.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mengurangi Resiko Bahaya Begadang

via Panjinulis.com Kerapkali kita terjaga tidak tidur hingga larut malam bukan karena kita mau akan tetapi ada tugas yang harus dikerjakan karena esok harinya harus selesai. Bila kita sudah mengetahui dampak dari begadang yang menyebabkan Kamu tidur kurang dari enam jam sehari lantas pertanyaannya apakah ada solusi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan resiko bahaya begadang bagi kesehatan. Jawabnya ada. Baca: 15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia Bila ada sebuah penyakit tentu ada pencegahannya. Akan tetapi sebisa mungkin Kamu harus menghindari begadang karena organ tubuh telah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja dimalam hari memproduksi sel-sel baru saat Kamu tidur. Malam dijadikan oleh Sang Maha Kuasa untuk beristirahat. Ada waktu untuk bekerja dan ada waktunya untuk bekerja. Sebaiknya bekerja sesuai porsi, tubuh perlu diistirahatkan untuk mengembalikan energi saat bangun tidur. Jika begadang dilakukan sekali dua kali mungkin efekny

Cara Memperbesar Payudara Secara Alami

Via IG @ayomenujuhidupsehat Payudara merupakan salah satu anugrah yang diberikan kepada para wanita. Produksi air susu merupakan minuman penting yang harus diterima oleh setiap bayi yang baru lahir. Selain manfaat tersebut yang lumrah kita ketahui. Tidak dapat disangkal para wanita mendambakan payudara yang indah, kencang, besar dan sehat. Agar terlihat seksi dan juga tampil menawan di mata pasangan. Bagi Kamu yang memiliki payudara yang kecil, rata dan kendur mungkin akan mengurangi rasa percaya diri Kamu. Terutama bagi usia yang sudah melewati umur 20 tahun tapi payudara masih kecil. Oke ladies, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengkonsumsi makanan berikut yang dapat mempercepat membesarkan payudara secara alami versi Ruang Gadis yang dikutip dari IG Rahasia Gadis, sebagai berikut: # 1 Tahu Cara memperbesar Payudara yang pertama dengan banyak mengkonsumsi Tahu. Siapa yang tidak mengenal makanan ini. Tahu merupakan makanan asli dari Indonesia yang terbuat dari endapan b

15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia

via Panjinulis.com Begadang merupakan suatu kondisi dimana seseorang terjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia normalnya membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari. Untuk kasus begadang ini yakni orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari. Mengapa manusia membutuhkan tidur yang cukup? Apa efek negatif tidur kurang dari 6 jam sehari terhadap organ tubuh Kamu ? Apa dampak buruk begadang bagi kesehatan Kamu? Sejatinya pada saat manusia tidur Berikut Kami paparkan penjelasan mengenai 15 Bahaya Begadang dan 5 Cara Mengurangi Resikonya. Alasan Begadang Ada beberapa faktor yang menyebabkan sesorang harus begadang tidak tidur sampai larut malam untuk tujuan yang beragam. Berikut faktor yang membuat orang terpaksa tidur kurang dari enam jam sehari diantara lain: # 1 Insomnia Alasan sebagian banyak orang begadang disebabkan oleh insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana sesoreang kesulitan untuk tidur. Insomnia disebabkan oleh faktor suatu penyakit atau masalah psikologis.