Langsung ke konten utama

10 Gaya Hidup Sehat Alami

hak cipta milik pribadi

Gaya hidup sehat sejatinya merupakan komitmen terhadap diri sendiri yang mempunyai manfaat jangka panjang bagi kesehatan tubuh dan kehidupan Kamu. Menjaga kesehatan dapat Kamu lakukan dengan motivasi yang tinggi akan kesadaran bahwa sehat itu mahal jika Kamu sudah terkena suatu penyakit. Selain itu dapat menyusahkan kebahagiaan kehidupan Kamu serta sanak saudara, bukan?. Dan berikut ini beberapa gaya hidup sehat yang bisa kamu lakukan setiap hari.

# 1 Tidur cukup

Setidaknya tidur cukup 6 hingga 8 jam sehari. Karena waktu malam merupakan waktu yang baik untuk mengistirahatkan organ tubuh Kamu. Sehingga esok hari Kamu dapat memulihkan kondisi tubuh dan tenaga agar kembali fit. Jangan sering bergadang malam. Jika Kamu sering begadang resiko berbagai penyakit akan mudah menyerang. Seperti tidak asing lagi ditelinga pesan ini ada pada lirik lagu bang haji Roma Irama. Juga senada dengan para pakar kesehatan begadang membuat tubuh menjadi rentan terkena penyakit.

# 2 Sarapan Pagi

Sarapan pagi teramat penting untuk pertumbuhan otak dan energi tubuh untuk menjalani awal hari Kamu. Banyak orang menyepelekan sarapan pagi dengan alasan tidak sempat waktu atau tidak ada waktu untuk membuat sarapan pagi. Solusinya cukup mudah jika kita berkomitmen menjaga kesehatan tubuh. Sarapan telur dadar atau bubur ayam merupakan hal yang mudah bukan. Jika terpaksa harus membeli bukankah hal tersebut tidak akan membuat Kamu bangkrut? (hehe)
Pikirkan kembali Kamu akan banyak kehilangan fokus saat jam kerja Kamu terganggu oleh suara perut yang keroncongan bukan?

# 3 Olah Raga Setelah Bangun Tidur

Olah raga merupakan cara paling mudah dan gratis secara teori untuk dilakukan, karena Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya. Namun, seringkali kita meninggalkan olah raga lagi-lagi karena bangunnya suka kesiangan. Fungsi olah raga sendiri merupakan sebagai pemanasan organ tubuh kita yang baru terbangun dari tidur. Merawat motor seperti halnya merawat tubuh kita. Mesin motor memerlukan pemanasan mesin setiap pagi begitu juga tubuh kita. Misalnya senam ringan atau senam pemanasan seperti menggerakan kepala, pundak, tangan, paha dan kaki secara beraturan ke kanan dan ke kiri.
Sadarkah Kamu jika Kamu seorang muslim yang taat tentu akan bangun pagi mandi dan pergi shalat shubuh berjalan ke masjid sebenarnya hal itu merupakan olah raga baik jiwa maupun raga Kamu. (kok jadi ceramah wkwk)

# 4 Hindari Makanan Manis

Makanan manis merupakan makanan yang banyak disukai baik oleh anak-anak hingga dewasa. Jika Kamu mengkonsumsi dalam batas wajar tidak apa-apa. Tapi jika dikonsumsi dalam batas tidak wajar, hal tersebut dapat mengakibatkan berbagai penyakit. Seperti kita ketahui bahan-bahan makanan manis tidak berasal dari gula murni. Jangan terlena oleh yang manis-manis (apalagi janji manis mantan hehe)

# 5 Olah Raga Rutin

Olah raga rutin yang dilakukan setiap hari minimal 30 menit dapat membantu kesehatan tubuh Kamu dan terhindar dari penyakit. Namun, sepertinya kita terlena dengan kata mager alias malas gerak yang menjangkiti diri. Itulah sebabnya bukan hanya kaum dewasa, banyak kawula muda yang memiliki berbagai macam penyakit. Yuk mulai tumbuhkan kesadaran olah raga untuk menjaga kesehatan dengan membakar kalori dalam tubuh.

# 6 Minum Sebelum Makan

Sebaiknya Kamu minum terlebih dahulu sebelum makan. Karena hal tersebut dapat membantu melancarkan proses pencernaan makanan. Banyak orang keliru akan hal ini karena terbatasnya pengetahuan. Jangan tunggu Kamu keselek baru minum. 

# 7 Makan Makanan Seimbang

Selain mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna sudah sering kita dengar. Yang perlu diperhatikan adalah membiasakan pola makan sehat dengan tidak mengkonsumsi makanan berlebih. Terkadang kita suka lupa berlebihan dalam segala hal tidak baik begitu juga dengan makan. Karena awal penyakit berasal dari apa yang Kamu makan. Jadi berhati-hatilah dalam mengkonsumsi makanan. 

# 8 Gosok Gigi Setelah Makan

Hal ini amat jarang dilakukan termasuk mimin hehe. Umumnya Kita menggosok gigi sebelum dan sesudah bangun tidur. Justru pentingnya menggosok gigi setelah makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip di gigi. Jika tidak dilakukan hal tersebut dapat mengakibatkan bau mulut, bahkan sakit gigi yang apabila menyerang tentu amat mengganggu sekali. (lebih baik sakit hati dari pada sakit gigi ini...malah nyanyi hehe)

# 9 Say no to "Junkfood"

Masyarakat Indonesia pada umumnya gemar sekali makan makanan yang banyak mengandung minyak. Terutama gorengan atau biasa disebut junkfood.Tidak kah Kamu sadar? resiko yang ditimbulkan bisa membahayakan kesehatan terutama lemak berlebih dapat mengakibatkan kolesterol kamu tinggi loh. Kesehatan Jantung Kamu akan terancam bila tidak bisa mengontolnya. So, jangan berlebihan mengkonsumsi gorengan mulai dari sekarang.

# 10 Minum 8 Gelas Sehari

Banyak artikel membahas pentingnya minum. Setidaknya Kamu memerlukan 8 gelas sehari. Karena sebagian besar tubuh kita cairan. Kekurangan minum dapat mengakibatkan dehidrasi dan hilangnya fokus. Selain itu biasanya orang akan mudah sakit pinggang jika kekurangan minum.

Itulah beberapa gaya hidup sehat yang bisa Kamu jalankan dirumah. Guys.

Dari 10 gaya hidup sehat diatas mana yang sering kamu lakukan?

Sumber : idntimes

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Cara Mengurangi Resiko Bahaya Begadang

via Panjinulis.com Kerapkali kita terjaga tidak tidur hingga larut malam bukan karena kita mau akan tetapi ada tugas yang harus dikerjakan karena esok harinya harus selesai. Bila kita sudah mengetahui dampak dari begadang yang menyebabkan Kamu tidur kurang dari enam jam sehari lantas pertanyaannya apakah ada solusi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan resiko bahaya begadang bagi kesehatan. Jawabnya ada. Baca: 15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia Bila ada sebuah penyakit tentu ada pencegahannya. Akan tetapi sebisa mungkin Kamu harus menghindari begadang karena organ tubuh telah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja dimalam hari memproduksi sel-sel baru saat Kamu tidur. Malam dijadikan oleh Sang Maha Kuasa untuk beristirahat. Ada waktu untuk bekerja dan ada waktunya untuk bekerja. Sebaiknya bekerja sesuai porsi, tubuh perlu diistirahatkan untuk mengembalikan energi saat bangun tidur. Jika begadang dilakukan sekali dua kali mungkin efekny

Cara Memperbesar Payudara Secara Alami

Via IG @ayomenujuhidupsehat Payudara merupakan salah satu anugrah yang diberikan kepada para wanita. Produksi air susu merupakan minuman penting yang harus diterima oleh setiap bayi yang baru lahir. Selain manfaat tersebut yang lumrah kita ketahui. Tidak dapat disangkal para wanita mendambakan payudara yang indah, kencang, besar dan sehat. Agar terlihat seksi dan juga tampil menawan di mata pasangan. Bagi Kamu yang memiliki payudara yang kecil, rata dan kendur mungkin akan mengurangi rasa percaya diri Kamu. Terutama bagi usia yang sudah melewati umur 20 tahun tapi payudara masih kecil. Oke ladies, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengkonsumsi makanan berikut yang dapat mempercepat membesarkan payudara secara alami versi Ruang Gadis yang dikutip dari IG Rahasia Gadis, sebagai berikut: # 1 Tahu Cara memperbesar Payudara yang pertama dengan banyak mengkonsumsi Tahu. Siapa yang tidak mengenal makanan ini. Tahu merupakan makanan asli dari Indonesia yang terbuat dari endapan b

15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia

via Panjinulis.com Begadang merupakan suatu kondisi dimana seseorang terjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia normalnya membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari. Untuk kasus begadang ini yakni orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari. Mengapa manusia membutuhkan tidur yang cukup? Apa efek negatif tidur kurang dari 6 jam sehari terhadap organ tubuh Kamu ? Apa dampak buruk begadang bagi kesehatan Kamu? Sejatinya pada saat manusia tidur Berikut Kami paparkan penjelasan mengenai 15 Bahaya Begadang dan 5 Cara Mengurangi Resikonya. Alasan Begadang Ada beberapa faktor yang menyebabkan sesorang harus begadang tidak tidur sampai larut malam untuk tujuan yang beragam. Berikut faktor yang membuat orang terpaksa tidur kurang dari enam jam sehari diantara lain: # 1 Insomnia Alasan sebagian banyak orang begadang disebabkan oleh insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana sesoreang kesulitan untuk tidur. Insomnia disebabkan oleh faktor suatu penyakit atau masalah psikologis.