Langsung ke konten utama

5 Cara Mengurangi Resiko Bahaya Begadang

via Panjinulis.com

Kerapkali kita terjaga tidak tidur hingga larut malam bukan karena kita mau akan tetapi ada tugas yang harus dikerjakan karena esok harinya harus selesai. Bila kita sudah mengetahui dampak dari begadang yang menyebabkan Kamu tidur kurang dari enam jam sehari lantas pertanyaannya apakah ada solusi untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan resiko bahaya begadang bagi kesehatan. Jawabnya ada.

Baca: 15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia

Bila ada sebuah penyakit tentu ada pencegahannya. Akan tetapi sebisa mungkin Kamu harus menghindari begadang karena organ tubuh telah dirancang sedemikian rupa untuk bekerja dimalam hari memproduksi sel-sel baru saat Kamu tidur. Malam dijadikan oleh Sang Maha Kuasa untuk beristirahat. Ada waktu untuk bekerja dan ada waktunya untuk bekerja. Sebaiknya bekerja sesuai porsi, tubuh perlu diistirahatkan untuk mengembalikan energi saat bangun tidur.

Jika begadang dilakukan sekali dua kali mungkin efeknya tidak terlalu masalah, tapi bila dilakukan berulang kali bahkan menjadi rutinitas hal itulah yang dapat membahayakan kesehatan Kamu.

Berikut beberapa cara mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan tidur kurang dari enam jam sehari diantara lain:

# 1. Perbanyak Minum Air Putih

Cara pertama dengan memperbanyak minum air putih.
Kenapa air putih?

Air putih amat diperlukan oleh tubuh ketimbang minuman lain seperti kopi, teh atau soda, karena saat begadang tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi. Saat itulah tubuh membutuhkan air yang banyak. Pada pria air putih justru bermanfaat untuk meningkatkan hormon testosterone sebaliknya soda dapat mengurangi pertumbuhan hormon tersebut.

# 2. Hindari Makanan Berminyak dan Cepat Saji

Cara kedua hindari makanan yang mengandung banyak minyak, karena minyak yang diserap oleh tubuh dapat mengganggu kinerja organ hati. Pada umumnya proses detoxin pada hati berlangsung pada pukul 23.00 malam sampai 03.00 pagi jika ditambah berkurangnya sistem imun karena kurang tidur, pada kasus yang lebih parah dapat membuat organ hati ini tidak berfungsi.

Begitu pula dengan makanan cepat saji. Bila Kamu sering makan mie instan tengah malam atau sering memesan burger dan french fries dari gerai cepat saji yang buka 24 jam? Bila makanan-makanan tersebut Kamu makan saat begadang, jumlah kalori yang mengendap  didalam tubuh Kamu akan jauh lebih banyak ketimbang saat makan siang. Perubahan jam biologis saat makan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Sehingga proses pembakaran kalori pun berkurang dan akibatnya tubuh dapat semakin “melar”.

# 3. Konsumsi Vitamin dan Biji Nabati

Kamu dapat mengganti camilan atau makanan cepat saji Kamu dengan makanan dari biji-bijian untuk menghindari rasa lapar di saat begadang. Kacang merah, kacang hijau, kacang kuning dan lainnya mampu memberikan kalori yang cukup saat begadang.

Disarankan jangan memakannya terlalu banyak. Upayakan berhenti memakan hanya untuk menghilangkan lapar. Tambahkan vitamin di pagi hari untuk membuat tubuh Kamu lebih kuat dan tahan dari penyakit. Sehingga daya tubuh Kamu tidak mudah terserang penyakit.

# 4. Olahraga di Sore Hari

Olahraga di sore hari juga membantu mengurangi insomnia dan mengembalikan jam teratur tidur Kamu. Dengan tujuan menjaga stamina tubuh yang sering merasa capek setelah begadang usahakan Kamu berolahraga yang cukup di sore hari. Dengan mengeluarkan energi di sore hari dapat membuat tubuh lebih cepat mengantuk dan lebih pulas saat tidur. Hasilnya di pagi hari Kamu akan bangun dengan tubuh lebih segar, fit dan bersemangat.

5. Mandi Air Hangat di Pagi Hari

Ada sebuah mitos yang mengatakan “Jangan mandi setelah begadang nanti bisa mati kena angin duduk ". Secara logis mitos ini tidak masuk akal namun tidak sedikit pula contoh kejadian yang membenarkan mitos tersebut.

Dalam istilah ilmu kedokteran Angina pektoris atau “Angin Duduk” adalah sebuah sindrom penyakit jantung yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah yang bekerja untuk mengalirkan oksigen ke otot jantung sehingga dapat menghambat pasokan datangnya darah ke jantung. Jika tidak  ditangani dengan cepat dan tepat dalam 20 menit bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian.

Pada umumnya mereka yang pernah begadang dan mandi air dingin pada pagi harinya hanya mengalami sedikit pusing namun tidak terserang penyakit ini.

Namun bagi Kamu yang memiliki penyakit atau kelainan jantung sudah pasti tidak dianjurkan dokter untuk mandi air dingin di pagi hari terutama setelah begadang. Jika Kamu tidak mengetahui akan kondisi jantung Kamu, Kami sarankan untuk mandi dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi efek adanya angin duduk.

Itulah beberapa cara untuk mengurangi resiko bahaya yang ditimbulkan begadang. Sebaiknya kamu perlu mengatur pola hidup sehat agar kesehatan Kamu terjaga jangka panjang.

Baca: 10 Gaya Hidup Sehat Alami

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memperbesar Payudara Secara Alami

Via IG @ayomenujuhidupsehat Payudara merupakan salah satu anugrah yang diberikan kepada para wanita. Produksi air susu merupakan minuman penting yang harus diterima oleh setiap bayi yang baru lahir. Selain manfaat tersebut yang lumrah kita ketahui. Tidak dapat disangkal para wanita mendambakan payudara yang indah, kencang, besar dan sehat. Agar terlihat seksi dan juga tampil menawan di mata pasangan. Bagi Kamu yang memiliki payudara yang kecil, rata dan kendur mungkin akan mengurangi rasa percaya diri Kamu. Terutama bagi usia yang sudah melewati umur 20 tahun tapi payudara masih kecil. Oke ladies, tidak ada salahnya jika kamu mulai mengkonsumsi makanan berikut yang dapat mempercepat membesarkan payudara secara alami versi Ruang Gadis yang dikutip dari IG Rahasia Gadis, sebagai berikut: # 1 Tahu Cara memperbesar Payudara yang pertama dengan banyak mengkonsumsi Tahu. Siapa yang tidak mengenal makanan ini. Tahu merupakan makanan asli dari Indonesia yang terbuat dari endapan b

15 Bahaya Begadang Bagi Kesehatan No 10 Pembunuh No 1 di Indonesia

via Panjinulis.com Begadang merupakan suatu kondisi dimana seseorang terjaga tidak tidur sampai larut malam. Manusia normalnya membutuhkan waktu tidur 8 jam sehari. Untuk kasus begadang ini yakni orang yang tidur kurang dari 6 jam sehari. Mengapa manusia membutuhkan tidur yang cukup? Apa efek negatif tidur kurang dari 6 jam sehari terhadap organ tubuh Kamu ? Apa dampak buruk begadang bagi kesehatan Kamu? Sejatinya pada saat manusia tidur Berikut Kami paparkan penjelasan mengenai 15 Bahaya Begadang dan 5 Cara Mengurangi Resikonya. Alasan Begadang Ada beberapa faktor yang menyebabkan sesorang harus begadang tidak tidur sampai larut malam untuk tujuan yang beragam. Berikut faktor yang membuat orang terpaksa tidur kurang dari enam jam sehari diantara lain: # 1 Insomnia Alasan sebagian banyak orang begadang disebabkan oleh insomnia. Insomnia adalah keadaan dimana sesoreang kesulitan untuk tidur. Insomnia disebabkan oleh faktor suatu penyakit atau masalah psikologis.